PROSES MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA
·
Masuknya Islam di
Indonesia
o
Dalam hal
ini ada beberapa teori yang dapat
menjelaskan atau memaparkan beberapa para pendapat ahli tentang masuknya islam
di Indonesia.
·
Teori Gujarat
·
Teori ini berpendapat bahwa agama islam
masuk ke indonesia pada abad ke 13 dan pembawanya dari Gujarat (Cambay), India.
·
Dasar dari teori ini adalah:
o Kurangnya
fakta yang menjelaskan peranan bangsa Arab dalam penyebaran Islam di Indonesia
o Hubungan
dagang Indonesia dan India telah lama melalui jalur Indonesia -Cambay - Timur
Tengah - Eropa.
o Adanya
batu nisan Sultan Samudra Pasai, yaitu Malik As-Saleh tahun 1297 yang bercorak
khas Gujarat.
·
Teori Makkah
·
Teori ini berpendapat bahwa agama
Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 7 dan pembawanyaberasal dari Arab
(Mesir).
·
Dasar dari teori ini adalah:
o Pada
abad ke 7 yaitu tahun 674 di pantai barat Sumatra sudah terdapat perkampungan
Islam (Arab).
o Kerajaan
Samudra Pasai menganut aliran Madhzab Syafi’i
o Raja-raja
Samudra Pasai menggunakan gelar Al Malik yaitu gelar dari yang berasal dari
Mesir.
·
-Teori Persia
·
Teori ini berpendapat bahwa agama
Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13 dan pembawanya berasal dari bangsa
Persia (Iran).
·
Dasar dari teori ini adalah:
o Peringatan
10 Muharam/ as-Syura atas meninggalnya Hasan dan Husain cucu nabi Muhammad yang
sangat dijunjung orang Islam (Iran)
o Kesamaan
ajaran yang dianut Syaikh Siti Jenar dengan Sufi Iran yaitu Al Hallaj
o Penggunaan
istilah bahasa Iran dalam sistem mengeja huruf Arab
o Di
temukan makam Maulana Malik Ibrahim tahun 1419 Gresik
o Adanya
perkampungan Leren/ Leran di Giri daerah Gresik
·
Sebelum agama
islam masuk ke indonesia, berbagai macam agama dan kepercayaan animism,
dinamisme, hindu dan Buddha telah dianut ooleh bangsa Indonesia .Islam masuk ke
Indonesia pada abad kee 7 atau ke 8 masehi yang bertepatan pada tanggal 1 atau
2 Hijriah. Rute atau jalur yand dillwati ialah :
·
Jalur utara :Arab (Mekkah da Madinah) – Damaskus – Bagdad
– Gujarat – Srilanka –Indonesia
·
Jalur selatan : Arab ( Mekkah dan Madinah – Yaman
– Gujarat – Srilagka - Indonnesia
o
Daerah pertama
dari kepulauan Indonesia yang dimasuki
isalm ialah pantai Sumatera bagian utara.
§ Berawal dari daerah tersebut akhirnya islam
mulai menyebardengan cepat ke seluruh Indonesia seperti ; pulau Sulawesi,
Kalimantan, Jawa, Sumatera, Maluku dan sekitarnya. Dalam kurun waktu yang tidak
terlalu lama, islam telah tersebar di deluruh kepualauan di Indoenesia.
Sehingga mayoritas bangsa Indonesia beragama islam hal ini disebabkan antara
lain sebagai berikut :
·
Adanya dorongan kewajiban bagi setiap
muslim/muslimah, khususnya para ulamanya untuk berdakwah menyiakan islam sesuai
dengan kemampuannya masing-masing. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang
aritnya “ sampaikanlah olehmu apa-apa yang berasal daripadaku,walaupun hanya
satu ayat”
·
Adanya
kesungguhan hati dan keuletan para juru dakwah unntuk berdakwah secara terus
menerus kepada keluarga, para tetangga dan masyarakat sekitar. Mereka berdakwah
sesuai dengan tuntutan Allah swt dan rasul-nya, yakni : tidak dengan paksaan
atau kekerasan, dengan cara yang bijaksana, dengan pengajaran yang baik, dengan
bertukar pikiran disertai argumentasi – argumentasi yang benar dan tepa, dan
contoh teladan yang betul- betul islami
·
Persyaratan untuk
masuk Islam sangat mudah, seseorang yang telah masuk ke dalam agama islam hanya
denga mengucapkan dua kalimat syahadat. Dengan demikian juga ajaran – ajaran
Islam, mudah dipahami dan diamalkan oleh seluruh masyarakat iindonnesia
·
Ajaran islam
mengenal sistem persamaan dan tidak mengenal kasta. Dan hal ini membuat islam
itu menarik di mata masyarakat. Hal ini menarik simpati rakyyat, terutama dari
lapisan bawah.
·
Banyak raja –
raja islam yang tersebar di Indonesia ikut berperan aktif melaksanakan kegiatan
dakwah islamiah, khususnya terhadap mereka yang belum menganut agama islam.
Umumnya apa yang dianjurkn oleh raja senantiasa ditaati oleh rakyatnya.
o
Islam di Sumatera
§ Pada pertenggahan abad 13, di sumatera telah
berdiri kerajaan islam pertama di indonesia yaitu kerajaan Samudra Pasai.
Kerajaan ini terletak di pesisir timur laut Aceh yang sekarang merupakan
kabupaten Lhoksumawe. Kemunculan kerajaan Samudra pasai merupakan hasil
islamisasi daerah-daerah pantai yang dilakukan oleh pedagang-pedagang muslim
pada abad ke 7. Kondisi perekonomiannya tidak berbasis pada sector pertanian
melainkan pelayaran dan perdagangan. Kerajaan samudrea pasai jua telah
mengadakan hubungan kerjasama antara sultan Delhi di India pada tahunn 746/1345
M. atas perintah sultan Delhi, Ibnu
batutah, seorang pengambara dari maroko singgah di samudra pasai setelah
mengunjungi cina
·
Ibnu batutah
menceritakan bahwa islam sudah hamper satu abad disampaikan disana. Ia juga
meriwayatkan tentang kesalehan, keredahan hati, dan semangat kkeagamaan
rajanya. Kerajaan samudra pasai merupakan pusat studi agama islam dan menjadi
tempat berkumpulnya para ulama dari berbagaii negeri Islam. Mereka sering
berdiskusi tetang masalah-masalah keagamaan
dan ilmu pengetahuan.
·
Pada tahun 1521, kerajaan tersebut ditaklukan oleh
portugis yang mendudukinya selama 3 tahun. Pada tahun 1514, diujung utara pullau sumatera berdiri
kesultanan islam aceh. Pendirinya adalah Sultan Ali Mugayat Syah. Kesultanan aceh
ini juga dikenal dengan nama aceh Darussalam. Kesultanan aceh mengalami
kemakmuran dan kejayaan pada masa sultan iskandar muda. Pada saat itu,
kesultanan aceh mengalami kemajuan di bidang
ekonomi dan ppemerintah. Kesultanan aceh juga menjalin hubungan dengan
kerajaan turki usmani (ottoman). Pada masa itu, telah disusun undang-unndang
yang disebut adat mahkota alam yang berlaku beberapa generasi berikutnya. Dan
pada tahun 1874, belanda menyatakn aceh sebagi daerah taklukkannya.
·
islam di jawa
§ benih kedatangan islam ke tanah jawa
sebenarnya sudah dimulai pada abad pertama hijriah atau abad ke 7 M. pada tahun
674 M, - 675 M, sahabat nabi, Muawiyah bin abi Sufyan pernah singgah ke tanah
jawa ( kerajaan kalingga) menyamar sebagai pedagang. Bisa jadi Mawiyah saat itu
baru pedagang saja, tapi proses dakwah selanjutnya dilakukan oleh para dai yang
berasal dari malaka atau kerajaan pasai sendiri. Sebab saat itu lalu lintas
atau jalur hubungan antara malaka dan pasai disatu pihak dengan jawa. Dipihak
lain sudah begitu pesat. Adapun dai-dai yang menyebarkan islam di pulau jawa
selanjtnya diakukan ole para wali Songo
§ Maulana malik Ibrahim (sunan gresik) : ia
dianggap pelopor penyebaran islam dijawa, beliau juga ahli pertanian, tata
Negara dan sebagai peintis lembaga pendidikan pesantren. Ia wafat tahun 1419
(882) H. dimakamkan di Wettan, gresik
§ Raden ali rahmatullah/ raden rahmat (sunan
ampel) : ia bertindak sebagai mukuti dalam mengajarkan islam tak kenal kompromi
denga gaya local. Wejangan terkenalnya ia Mo 5 yang artinya menolak mencuri,
mabuk, main wanita, judii dan mabuk yang marak pada masa Majapahit. Ia wafat di
desa ampel tahun 1481 M.
§ Raden aampel (sunan giri ) : ia bertindak
sebagai sebagai ahli fikih dan menguasai ilmu falak. Dimasa menjelang kerutuhan
majapahit, ia dipercaya sebagai raja peralihan sebelum raden patah naik menjadi
sultan demak. Ketika unan ampel wafat ia menggantikannya sebai Mufti tanah
jawa.
§ Mahkdum Ibrahim (sunan bonang ) : sunan bonang
dianggap sebagai pancipta gending pertama. Dalam menyebarkan agama islam, ia
selalu menyesuaikan diri dengan kebudayaan masyarakat jawa yang sangat
menggemari wayang serta music gamelan. Dalam aktifitas dakwahnya, ia mengganti
nama-nama dewa dengan nama malaikat. Sunan boning memeberikan pendidikan islam
secara mendalam kepada raden patah, ia wafat pada 1525 di Tuban.
§ Raden syajid ( sunan kalijaga) : ia tercatat
sebagai penghasil karya seni terbanyak berfalsafah islam. Ia membuat wayang
kulit dan cerita wayang hindu yang diislamkan sunnan giri sempat menentangnya
karena wayang beber, kala itu menggambarkan gambar manusia utuh yang tidak
seseuai dengan ajaran islam. Ini merupakan ijtihad di bidang fikih yang
dilakukannya.
§ Sunan drajat : dakwah beliau terutama dalam
bidang sosila. Beliau juga mengkader para dai yang berdatangan dari berbagai
daerah, antara lain dari ternante dan ambon.
§ Syarifhidayatullah : ia memiliki kesultanan
sendiri yang wilayahnya samapi ke banten, ia juga salah satu pembuat
soko(songko) guru massjid demak. Selain sunan apel, sunan kalijaga, dan sunan
ampel. Keberradaan syarif hidayatullah dengan kesultanannya membuktikan ada
tiga kekuasaan islam yang hidup bersamaan kala itu, Demak, Giri dan Cirebon.
§ Sunan kudus : beliau berjasa menyyebarkan
islam di kudus dan sekitarnya. Ia membangun masjid menara kudus yang sangat
terkenal dan merupakan salah satu warisan budaya nusantara.
§ Sunan muria : beliau menyebarkan islam dengan
menggunakan saran gamelan, wayang serta kesenian daerah lainnya, ia wafat di
gunung muria.
·
Islam di Sulawesi
·
Masuknya islam di
Sulawesi tidak terlepas dari peranan sunan Giri di Gresik. Hal itu karena
karena sunan giri menyelenggarakan yang banyak di datangi santri di pulau jawa.
Pada abad ke 16, di Sulawesi selatan, telah berdiri kerajaan hindu Gowa dan
Tallo. Masuknya islam ke Sulawesi melalui dua cara yaitu, cara tidak resmi dan
cara reamii. Cara tidak resmi ini terjadii pada saat penduduk setempat
berdagang keluar dan berhubungan dengan pedagang-pedagang muslim diluar
Sulawesi. Mereka mengenal dan memeluk agama islam karena adanya interaksi
tersebut. Sedangkan cara resminya, dilakukan oleh raja gowa dan tallo yang
pertama., yaitu sultan alauddin yang telah masuk islam. Penerimaan itu terjadi
pada 1605. Hal itu ditandai dengan kedatangan tiga orang datuk yang berassal
dari Kota tengan, Minangkabau.
·
Islam di Kalimantan
§ Pada abad ke 16 , islam mulai memasuki
kerajaan sukadana . pada tahun 1590, kerajaan sukadana resmi menjadi kerajaan
islam. Sultan pertamanya adalah sultan giri kusuma. Ia digantikan oleh putranya
sultan Muhammad syaifuddin . beliau banyak berjaa dalam pengmbangan islam di
Kalimantan . di bagian selatan pulau Kalimantan, berdiri kerajaan islam banjar
pada tahun 1526. Kerajaan islam di banjar merupakan kelanjutan dari kerajaan
Daha yang beragama Hindu. Raja pertamanya adalah raden samudra yang memeluk
islam , ia mengganti namanya menjaddi pangeran suryanullah atau pangeran
suriansyah.
·
Islam di Maluku dan irian jaya
§ Penyebaran islam di Maluku tidak lepas dari
jasa para santri sunan drajat yang berasal dari ternate dan hitu. Islam sudah
dikenal di ternate seja abad ke 15 . pada saat itu , hubungan dagang dengan
indoonesia barat , khususnya dengan jawa berjalan lancer. Selain berdagang ,
para pedagang juga melakukan dakwah. Di Maluku ada empat kerajaan bersaudara yang
berasal dari keturunan yang sama , yaitu
ternate, tidore, bacan, dan jailolo yang raja-rajanya telah memeluk islam .
2.
MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM
§ secara umum sejarah mengandung kegunaan
yang sangat besar bagi kehidupan umat manusia. Karena sejarah menyimpan atau
mengandung kekuatan yang dapat menimbulkan dinamisme dan melahirkan nilai-nilai
baru bagi pertumbuhan serta perkembangan kehidupan umaat manusia. Sumber utama
ajaran Islam adalah al-qur’an yang mengandung banyak sekali nilai-nilai
ksejarahan, yang langsung dan tidak langsung mengandung makna besar, pelajaran
yang sangat tinggi dan pimpinan utama, khususnya bagi umat Islam. Maka tarikh
dan ilmu mempunyai kegunaan dalam Islam menduduki arti penting dan mempunyai
kegunaan dalam kajian Islam. Oleh sebab itu, kegunaan sejarah pendidikan Islam
meliputi dua aspek yaitu kegunaan yang bersifat umum dan yang bersifat khusus
atau akademis.
·
Yang bersifat umum, sejarah pendidikan Islam
mempunyai kegunaan sebagai faktor keteladanan. Hal ini sejalan dengan makna
yang tersurst dan tersirat dalam Firman Allah SWT: Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu
(yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat
dan Dia banyak menyebut Allah. (QS.Al-Ahzab:21)
·
Sedangkan yang bersifat akademis, kegunaan
sejarah pendidikan Islam selain membeikan perbendaharaan perkembangan ilmu
pengetahuan
·
( teori dan praktek) , juga untuk menumbuhkan
perspektif baru dalam rangka mencari relevansi pendidikan Islam terhadap segala
bentuk perubahan dan perkembangan ilmu teknologi.Dalam Silabus Fakultas
Tarbiyah IAIN kegunaan sejarah pendidikan Islam diharapkan dapat:
·
Mengetahui dan memahami pertumbuhan dan
perkembangan pendidikan Islam di indonesia, sejak zaman lahirnya Nabi Saw
sampai sekarang ini.
·
Mengambil manfaat dari proses pendidikan
Islam, guna memecahkan problematika pendidikan Islam masa kini.
·
Memiliki sikap yang positif terhadap perubahan-perubahan
dan pembaharuan-pembaharuan sistem pendidikan Islam.
·
Selain itu sejarah pendidikan Islam akan
mempunya kegunaan dalam rangka pembangunan dan pengembangan pendidikan Islam.
Dalam hal ini, sejarah pendidikan Islam akan memberikan arah kemajuan yang
pernah dialami dan dinamismenya sehingga pembangunan dan pengembangan itu tetap
berada dalam kerangka pandangan yang utuh dan mendasar.
·
a.
Mengetahui dan
memahami sejarah perkembangan Islam di Indonesia
·
b.
Mengetahui dan
memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan.
·
c.
Menjadi cermin
untuk memacu kehidupan yang lebih baik
·
d.
Mempelajari
sejarah agar dapat melakukan perubahan yang lebih baik
·
e.
Menghargai kerja
keras para pahlawan bangsa
·
f.
Kehadiran para
pedagang Islam yang telah berdakwah dan memberikan pengajaran Islam di bumi
Nusantara turut memberikan nuansa baru bagi perkembangan pemahaman atas suatu
kepercayaan yang sudah ada di nusantara ini.
·
g.
Hasil karya para
ulama yang berupa buku sangat berharga untuk dijadikan sumber pengetahuan.
·
h.
Kita dapat
meneladani Wali Songo telah berhasil dalam hal-hal seperti berikut :
·
1.
Menjadikan
masyarakat gemar membaca dan mempelajari Al Quran.
·
2.
Mampu membangun
masjid sebagai tempat ibadah dalam berbagai bentuk atau arsitektur hingga ke
seluruh pelosok Nusantara.
·
3.
Mampu
memanfaatkan peninggalan sejarah, termasuk situs-situs peninggalan para ulama,
baik berupa makam, masjid, maupun peninggalan sejarah lainnya.
·
4.
Seorang ulama
atau ilmuwan dituntut oleh Islam untuk mempraktikkan tingkah laku yang penuh
keteladanan agar terus dilestarikan dan dijadikan panutan oleh generasi
berikutnya.
·
5.
Para ulama dan
umara bersatu padu mengusir penjajah meskipun dengan persenjataan yang tidak
sebanding.
CONTOH-CONTOH PERKEMBANGAN ISLAM DI
INDONESIA.
Di bidang ilmu pengetahuan
Kedudukan
para ulama yang di angkat sebagai penasihat kerajaan atau hakim memberikan
kontribusi terhadap perkembangan imu pengetahuan islam pada para ulama
indonesia yang karyanya sangat terkenal pada masa itu adalah hamzah fansyury
dari boros aceh, terkenal dengan tokoh sufi, hasil karyanya adalah “ Asrorul
Arifin Bayan IIa Suluk Wat Tauhid “ , Nurudin ar – raniry dari aceh barat . ia
telah banyak menulis buku-buku umum dan keagamaan . syekh Muhammad Arsyad al
banjari ia adalah tokoh di bidang fikih dengan karyanya “ sabillul muhtadin “
syamsudin as – sumatrani dengan hasil karryanya “ Mir’atul Mu’minin.
Di bidang kesenian
Perkembangan
idang seni seperti yang dijcontohkan wali songo, sangat efektif dalam
penyampaian dakwah isalm, misalnya pagelaran wayang. Perkembangan kesenian
sebagaimana yang dicontohkan tidak terles dari kepiawaian para ulama dahulu
dalam menyiarkan agama islam melaui pendekatan yang mudah di terima masyarakat.
Seni sastra yang bercorak islam juga berkembang seperti hikayat, babat suluk,
dsb. Dari segi arsitektur seperti
bangunan masjid agung dmak, masjid agung banten dll.
Perkembangan organisasi
a. Serikar islam : Organisasi ini didirikan pada
tahun 10 september 1992. Sebenarnya serikar ini telah erkembang dari tahun 1909
di bawah pimpinan R.M. Tirtodisurjo
b. Muhammadiyyah : Organisasi di dirikan oleh
K.H. Ahmad Dahlan pada 18 november 1912 di jogja. Organisasi ini bergrak di
bidangkemasyarakatan terutama dakwah dan formal.
c. Nahdatu Ulama : Organisasi ini bertujuan untuk memperjuangkan
berlakunya ajaran islam yang erhaluan ahli sunah wal jama’ah dan menganut mazhab 4, yaitu hanafi, malaki hanafi, dan hambali dalam
wadah Negara kesatuan.
d. Jong Islaminten Bond : salah satu organisasi
islam yang kebanakan anggotoannya dari golongan elite dan berpendidikan barat
yang tetap teguh pada prinsip-prinsip islam pada 1925, di Jakarta
e. Persatuan islam : didirikan pada 17 september
1923 di bandung, pendirinya adalah K.H Zamzam. Organisasi ini berusaha keras
mengembalikan kaum muslimin kepada Al-quran dan hadis, menghidupkan ijtihad dan
jihad, membasmi bid’ah, kufarat, taklid dan syirik.
f.
l Irsyad
Al Irsyad adalah organisasi Islam yang didirikan tahun 1914 M oleh para pedagang dan ulama keturunan Arab, seperti Syekh Ahmad Sorkali.
Al Irsyad adalah organisasi Islam yang didirikan tahun 1914 M oleh para pedagang dan ulama keturunan Arab, seperti Syekh Ahmad Sorkali.
g.
Jam’iatul
Khair
Berdiri pada tahun 1905 M di Jakarta adalah pergerakan Islam yang pertama di pulau Jawa. Anggotanya kebanyakan keturunan (peranakan) Arab.
Berdiri pada tahun 1905 M di Jakarta adalah pergerakan Islam yang pertama di pulau Jawa. Anggotanya kebanyakan keturunan (peranakan) Arab.
Mengidentifika hikmah mempelajari
sejarah perkembangan islam
·
sebelum kaum penjajah, yakni Portugis, Belanda
dan Jepang, masuk ke Indonesia, mayoritas masyarakat Indonesia telah menganut
agama Islam. Agama Islam agama yang sempurna, yang ajarannya mencakup berbagai
bidang kehidupan manusia, baik dalam hubungannya dengan Allah (akidah dan
ibadah), maupun dalam hubungannya dengan sesama manusia dan mahluk Allah
lainnya (social, politik, ekonomi dan kebudayaan).
Dengan dianutnya agama islam oleh mayoritas masyarakat Indonesia, ajaran islam telah banyak mendatangkan perubahan.
Dengan dianutnya agama islam oleh mayoritas masyarakat Indonesia, ajaran islam telah banyak mendatangkan perubahan.
·
Menurut Islam, berperang dalam ragka
mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa, Negara dan agama merupakan
“jihad fi sabilillah” tersebut dianggap mati syahid, yang imbalannya adalah
surga. Perubahan-perubahan cara berpikir, bersikap dan berbuat yang ditanamkan
islam tersebut mendorong umat islam Indonesia di berbagai pelosok tanah air
untuk berjuang mengusir kaum penjajah dengan berbagai cara, antara lain dengan
cara peperangan.
·
Perjuangan mengusi penjajah terus berlanjut,
sampai kaum penjajah betul-betul angkat kaki dari bumi Indonesia.
·
Bangsa Penjajah yang datang dari Eropa Barat
ke Dunia Timur, termasuk Indonesia, dengan semboyan “gold, glory dan gospel”
mewujudkan semboyan tersebut dengan melakukan berbagai usaha dengan menghalakan
segala cara.
·
Menghadapi sikap dan perilaku yang tidak
berperi kemanusiaan dan berperikeadilan, maka kerajaan-kerajaan islam dan
umat islam dipimpin panglima perangnya masing-masing, bangkit melawan penjajah.
·
Walaupun perlawanan para pahlawan Islam
tersebut dapat dipatahkan oleh kaum penjajah, namum perlawanan dan perjuangan
umat islam terus berlanjut dengan berbagai bentuk dan cara, sehingga
kemerdekaan bangsa dan Negara Indonesia betul-betul terwujud.
Menyebutkan hikmah mempelajari sejarah
islam di Indonesia
1. Memebuat kita semakin dapat mempererat persatuan
dan kesatuan antar kaum muslim di Indonesia
2. Kita jadi dapat lebih mengetahui siapa-siapa
tokoh yang telah berjasa dalam membangun islam di Indonesia.
3. Kita diharapkan dapat melakukan perubahan yang
lebih baik untuk Indonesia
4. Secara tidak langsung kita jugam menghargai
kerja keras para tokoh pembangun agama islam di Indonesia.
5. semangat cinta
tanah air dan rasa kebangsaan yang didengungkan Islam dengan
semboyan”Hubbul-watan minaliiman” (cinta tanah air sebagian dari iman) mampu
mengubah cara berpikir masyarakat
Indonesia,
kesimpulan :
Perkembangan islam di Indonesia yang diawali pada abad 7 masehi telah
mengalami tiga fase yaitu fase persinggahan, perdagangan adanya komunitas
kumpulan muslim dan kerajaan islam. Hal tersebut menunjukkan betapa besarnya
agama islam terhadap perkembangan bangsa Indonesia baik dalam ilmu pengetahuan,
budaya, maupun berbangsa dan bernegara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar