Sabtu, 15 September 2012

proposal perkecambahan kacang hijau






NAMA : HENA SURI INTAN PERTIWI
KELAS : XII IPA 5
NIS: 1011118
NO.URUT :05
?Kacang hijau
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
V. radiate
Vigna radiata
(
L.) R. Wilczek





LATAR BELAKANG

Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Tanaman ini memiliki kecambah berwarna putih/pucat yang biasa disebut taoge dan memiliki binga yang berwarna kuning pucat ataupun kuning kehijauan. Taoge ini nantinya akan membentuk  polong-polongan yang berisi 10-15 biji kacang hijau.
Di dalam penelitian ini kita akan melihat pertumbuhan  proses pertambahan ukuran atau volume dan jumlah sel secara irrevisible , yaitu tidak dapat diukur kembali ke bentuk semuladan juga perkembangan tanaman kacang hijau untuk selanjutnya mencapai kematangan fungsi organisme. Kemudian kita akan mengamati perkencambahan kacang.Untuk melakukan pertumbuhandan perkembangan, kacang hijau memerlukan media tanam dengan unsur hara yang seimbang dan beberapa factor eksternal seperti cahaya. Cahaya merupakan factor penting yang menentukan pertumbuhan kacang hijau dan memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan. Sumber utama cahaya adalah matahari. Matahari memancarkan energy cahaya dalam bentuk gelombang elekto magnetic. Cahaya memberikan pengaruh langsung terhadap ketersediaan makanan.cahaya merupakan sumber energy utama untuk fotosintesis yang erat kaitannya dengan ketersediaan makanan
Cahaya tidak hanya berpengaruh langsung trhadap fotosintesis, akan tetapi berpengaruh tehadap fotoperiodisme dan fototropisme. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai perlakuan tanaman kacang hijau yang akan ditimbulkan dari pemberian cahaya yang berbeda. Untuk mengetahui secara jelas apakah terjadi perbedaan tinggi,bentuk,dan kualitas.







RUMUSAN MASALAH
 Bagaimanakah pengaruh pertumbuhan kacang hijau terhadap intensitas cahaya yang diberikan ?
Apakah pengaruh yang di timbulkan oleh tanaman kacang hijau terhadap jumlah cahaya yang diberikan ?

TUJUAN
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak-dampak apa saja yang ditimbulkan tanaman kacang hijau dengan intensitas pemberian cahaya yang berbeda-beda. Dan apa saja pengaruhh yang ditimbulkan oleh tanaman kacang hijau terhadap intensitas cahaya yang berbeda beda sehingga kita dapat mengetahui standar kualitas penanaman kacang hijau apabila di tinjau dari intensitas pemberian cahaya.
MANFAAT PENELITIAN
Untuk memberikan informasi kepada masyarakat khususnya petani kacang hijau bagaimana cara menanam kacang hijaudengan baik dan benar sesuai dengan intensitas cahaya yang diperlukan. Serta informasi tentang kualitas dan kuantitas kacang hijau ditinjau dari cara perlakuan penyiraman.
LANDASAN TEORI
Pengertian perkecambahan ini tidak hanya dipakai khusus untuk biji tetapi juga dipakai untuk bagian tumbuhan lainnya. Secara visual dan morfologis suatu biji yang berkecambah, umumnya ditandai dengan terlihatnya akar atau daun yang menonjol keluar dari biji. Sebenarnya proses perkecambahan telah mulai dan berlangsung sebelum peristiwa ini muncul.
Tumbuhnya tanaman dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain :
1. Air
2. Suhu
3. Oksigen
4. Cahaya

Air berfungsi untuk menyiram tanaman agar tetap segar dan tidak layu serta sebagai media reaksi kimia dalam sel, menunjang fotosintesis dan menjaga kelembapan. Bila tanaman kekurangan air, akan mengakibatkan tanaman menjadi kering,kekurangan nutrisi. Kelebihan air juga tidak baik untuk tanaman karena pertumbuhan tanaman akan terhambat dan kemungkinan terburuk tanaman akan mati.
Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, suhu di lingkungan tanaman tersebut juga harus ditentukan. Suhu yang baik untuk tumbuhan adalah 30C. Semakin tinggi suhu yang ada di lingkungan suatu tumbuhan, maka semakin laju transpirasi dan semakin rendah kandungan air pada tumbuhan sehingga proses pertumbuhan semakin lambat dan perlakuan tumbuhan pada suhu yang rendah memacu pertumbuhan ruas yang lebih panjang dari pada perlakuan tanaman di suhu yang tinggi. Fungsi dari suhu sendiri adalah untuk aktivitas enzim serta kandungan air dalam tubuh tumbuhan.
Faktor lainnya adalah oksigen. Oksigen tersebar luas di udara. Tanaman tidak akan pernah kehabisan oksigen bila hidup di lingkungan yang bebas. Oksigen berfungsi sebagai respirasi sel-sel akar yang akan berkaitan dengan penyerapan unsur hara. Bila oksigen yang tumbuhan dapat hanya sedikit, maka pertumbuhan pada tumbuhan akan terhambat karena akan susah dalam penyerapan unsur hara dalam tanah.

Faktor terakhir yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalah intensitas cahaya.
            Tanaman yang diletakkan di tempat yang teduh, akan tumbuh dengan ciri-ciri : berdaun hijau tua, pertumbuhannya lebih lambat namun stomatanya berjumlah sedikit namun ukurannya besar, perakarannya tidak terlalu lebat. Berbeda dengan tanaman yang ditanam di tempat yang mendapatkan banyak cahaya, maka tanaman itu akan mempunyai ciri-ciri : berdaun hijau muda, stomatanya akan berjumlah banyak namun berukuran kecil, perakarannya lebih lebat dan pertumbuhannya lebih cepat.  Gejala seperti ini disebut etolasi. Panjang periode cahaya harian disebut fotoperiode. Reaksi tumbuhan terhadap fotoperiode yang berbeda panjangnya disebut fotoperiodisme. Berdasarkan persyaratan panjang hari untuk pembungaan, tumbuhan dibagi menjadi  tiga kelompok, yaitu :

1.      Tumbuahan berhari pendek, berbunga jika panjang hari kurang dari periode kritis tertentu,yaitu panjang hari harus kurang dari 11 hingga 15 jam agar pembungaan terjadi.
2.      Tumbuhan hari panjang, berbunga jika panjang hari lebih  dari periode kritis tertentu, yaitu panjang hari harus lebih dari 12 hingga 14 jam agar pembungaan terjadi
3.      Tumbuhan hari netral, berbunga tidak tergantung pada panjang hari hingga dapat berbunga sepanjang tahun.


           






Kerangka pikir

                       
Tumbuhan membutuhkan cahaya. Banyaknya cahaya yg dibutuhkan setiap tanaman tidak selalu sama. Umumnya, cahaya menghambat pertumbuhan meninggi karena dapat menguraikan Hormon Auksin. Cahaya juga meransang pembungaan. Ada tumbuhan yg dapat berbunga pada hari pendek(lamanya penyinaran lebih pendek daripada waktu gelapnya), ada tumbuhan yg dapat berbunga pada hari sedang(lamanya penyinaran sama dengan waktu gelapnya), dan ada pula tumbuhan yg dapat berbunga pada hari netral(tidak dipengaruhi waktu penyinaran waktu gelap). Hal tersebut ada hubungannya dengan aktifitas hormon fitokrom.

Hipotesis

Cahaya dapat memegaruhi pertumbuhan kecambah kacang hijau. Cahaya matahari lebih memengaruhi hormone auksin pada kecambah dibandingkandengan cahaya dari bohlam lampu. Sedangkan yang tidak terkena cahaya sama sekali maka akan berubah pucat dan tidak segar dibandingkan  yang terkena cahaya.


Metodologi penelitian
-          Merendam biji kacang hijau selama 14 jam diwadah tertutup hingga muncul kecambah kacang hijau kemudiaan ditiriskan
-          Kemudian di tempatkan di empat yang berbeda yaitu: tempat yang terkena cahaya matahari, sedikit terkena cahaya matahari (remang-remang), terkena cahaya bohlam lampu,dan tidak terkena cahaya sama sekali.
-          Mengamatinya selama dua hari sekali
-          Memfotonya setiap dua hari sekali

Variable

1.variabel bebas : pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kacang hijau

2.variabel terikat : kecepatan tumbuh pada kacang hiijau, warna batang dan daun pada kecambah kacang hijau, dan tinggi kecambah kecambah hijau.





Populasi dan sampel

            Populasi dan sampelnya ialah kecambah  kacang hijau

Instrument penelitian

            Alat dan bahan
1.      4 buah botol air mineral 1,5 liter dipotong melintang
2.      2 buah kardus yang satunya dilubangi bagian atasnya
3.      Penggaris
4.      Pulpen dan pensil

Bahan
1.      Kacang hijau
2.      Air
3.      Tanah


Pengabilan data

                 Dengan cara mengamati dan mengukurnya setiap dua hari sekali

















Pengolahan data


           
           


Analisa data
           
            Untuk mencari data terhadap pengaruh baik buruknya penelitian dan pengamatan kecambah terhadap intensitas cahaya yang berbeda.
                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar